5 Tips Mudah Memilih Laptop Gaming Murah

Seiring waktu berjalan, makin banyak tipe laptop gaming yang didatangkan dari beragam vendor, dimulai dari yang berharga murah sampai mahal. Tentunya tips memilih laptop gaming murah dan masih tetap berkualitas perlu kamu ketahui supaya tidak salah pilih.

Memang ada beberapa pilihan yang dapat menjadi referensi laptop gaming murah, tetapi, jangan sampai kamu asal memilihnya. Daripada kamu bingung, berikut sejumlah tips yang perlu kamu perhatikan saat memilih laptop untuk bermain games dengan harga terjangkau. Melansir dari https://teknokrad.com berikut ulasannya:

1. Lihat VGA yang Dipakai, Bukan Besar Memorinya

Kekeliruan pertama saat memilih laptop gaming yang murah ialah terlalu konsentrasi dengan besar memory VGA. Akhirnya, tipe VGA-nya terlewatkan. Walau sebenarnya, hal paling penting dalam menimbang chipset yang dipakai yakni tipe VGA, selanjutnya besar memorinya.

Karena laptop yang khusus untuk bermain games berbeda dengan perannya untuk design grafis, karena itu VRAM tak perlu banyak dibutuhkan.
Hal pertama kali yang perlu kamu lihat saat mencari VGA yakni kode digit pertama pemberian nama VGA. Misalnya, NVIDIA GeForce GT 720M. Dari VGA tersebut, kamu perhatikan digit pertamanya yang memiliki arti memperlihatkan generasi ke 7. Dan digit ke-2 dan ke-3 artinya tingkatan performnya. Semakin tinggi angkanya, maka semakin kuat performa yang dihasilkan VGA tersebut.

2. Cermati Prosesor

Tips memilih laptop gaming murah lainnya yang penting kamu ketahui ialah pemilihan processor. Ada banyak pengguna laptop gaming yang salah mengerti saat membeli. Mereka memandang lebih baik memprioritaskan VGA dibanding processor-nya. Padahal, VGA yang sudah bagus tetapi tidak disertai processor yang setara akan membuat perform laptop tidak memupuni untuk bermain games.

READ:  Wajib Diketahui! Tips Sebelum Membeli Kamus Bahasa Inggris

Seperti kita tahu, beberapa game saat ini telah semakin apik dan kompleks, khususnya dari sisi grafisnya. Tidak heran semakin banyak saja games yang memerlukan performa processor yang kuat untuk menjalankan permainannya. Bukan hanya itu saja, kebutuhan processor benar-benar sangat penting sebab bisa memudahkan proses rendering dari VGA.
Karena itu, pastikanlah kamu memilih processor non ULV karena lebih pas untuk bermain games. Referensi yang terbaik untuk bermain games dapat kamu gunakan processor AMD, seperti Ryzen 5 atau 7. Tetapi jika kamu ingin masih tetap menggunakan Intel, upayakan pilih minimum Core i5.

3. Pilih RAM Besar

Walau kamu mencari laptop yang murah, kamu harus juga pastikan pilih RAM yang besar. Semakin besar RAM yang dipilih, pasti makin kuat proses multitasking-nya.

Kamu tidak perlu cemas dengan clock speed yang RAM siapkan. Saat ini telah semakin banyak games yang lebih memprioritaskan kemampuan RAM, bukan clock speed-nya. Jangan lupa, pakai RAM terbaik supaya performanya lebih bagus. Simak teknokrad untuk informasi lebih lanjut terkait laptop gaming.

4. Lihat Kapasitas HDD atau SSD

Pilih kapasitas HDD atau SSD yang pas adalah panduan pilih laptop gaming murah yang perlu kamu perhatikan. Semurah apa saja laptop untuk gaming, pastikan kamu memilih kapasitas penyimpanan lebih dari 500 GB. Semakin besar kapasitasnya, tentunya kamu dapat semakin banyak simpan games yang diinginkan.

Disamping itu, lihat apa kamu ingin menggunakan HDD atau SSD. HDD sendiri pasti lebih murah dibanding SSD. Tetapi, jika kamu pilih SSD, kecepatan proses data sudah tentu bisa lebih cepat dan tentu saja lebih mahal harganya.

Sebaiknya jika kamu memilih HDD lebih dulu dan jika sudah mempunyai bujet yang cukup kamu dapat meningkatkannya ke semakin besar atau menambah SSD. Berbeda jika kamu memang ingin masih tetap pilih SSD, pastikan bujet kamu mencukupi, karena SSD sendiri mempunyai kapasitas yang lebih kecil tetapi performanya bisa lebih cepat.

READ:  7 Jenis Kain Yang Kerap Digunakan Untuk Celana

5. Pilih Komponen yang Upgradeable

Kamu bisa saja membeli laptop gaming yang murah tetapi, pastikan komponen didalamnya dapat kamu up-grade. Beberapa komponen tersebut seperti RAM dan hard disk. Tujuannya sudah tentu tingkatkan perform laptop kamu.

Kembali lagi, makin besar kapasitas RAM, akan semakin cepat performa multitasking. Begitu halnya makin besar hard disk-nya, akan makin banyak games yang dapat kamu instal.

Itulah beberapa tips memilih laptop gaming murah yang dapat kamu praktekkan saat membeli laptop untuk bermain games. Pastikan kamu memilihnya sama sesuai bujet agar tidak membuat kantong jebol. Semoga bermanfaat!