Wajib Tahu!, Inilah Pengertian Google Workspace dan Fiturnya

-Pada umumnya, pengertian Google Workspace ialah layanan keproduktifan yang terdapat beragam aplikasi yang sama-sama terintegrasi. Google Workspace atau yang dulunya dikatakan sebagai G Suite secara resmi diperkenalkan di tanggal 6 Oktober 2020 tempo hari.

Informasi kehadiran layanan ini secara tercatat dikatakan melalui Google Blog. Menurut pembicaraan faksi Google, perubahan ini terjadi untuk mengantisipasi semakin bertambahnya kegiatan digital yang sudah dilakukan dalam tahun-tahun terakhir ini.

Dengan bekal tampilan baru, pengalaman pengguna yang lebih fresh, dan sejumlah fitur melimpah, Google Workspace diharapkan menjadi jalan keluar untuk membantu meningkatkan keproduktifan perusahaan.

Feature Google Workspace

1. User Experience yang lebih terpadu

Dengan Google Workspace maka berbagai aplikasi keproduktifan dapat terpadu dengan lebih baik, khususnya untuk mendukung kebutuhan work from home di tengah-tengah pandemi virus corona Covid-19. Tampilan baru dari Google Workspace indonesia sendiri akan lebih segar dengan sentuhan beberapa warna cerah ciri khas Google.

2. Keamanan baru

Google Workspace datang dengan membawa perubahan feature keamanan yang lebih baik. Khususnya untuk kebutuhan komunikasi berbasiskan text dan video di Google Meet. Tersedianya informasi terkait feature keamanan tersebut dipublikasikan dalam postingan berbeda. Adapun di dalam ulasannya terdapat point untuk meminimalkan penyalahgunaan, khususnya di ranah audit logging dan kemampuan diagnosis untuk mencegah adanya masalah saat secang video konferensi.

3. Feature mention

Seperti diketahui, feature mention dengan tanda “@” sangat populer di media sosial. Nampaknya Google ingin mengadopsi ide tersebut ke layanan Google Workspace di mana saat ini dapat manfaatkan feature ini untuk memunculkan smart chip yang berisi informasi detail kontak rekan kerja.

4. Pratinjau document tanpa membuka tab baru

Kehadiran feature ini diharapkan mampu menghemat waktu pengguna saat melakukan rapat virtual. Document yang dikirimkan disebut dapat di-edit dan dibuat langsung melalui program Google Meet . Sehingga, akan mempermudah untuk pengguna pemula.

READ:  5 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman Terbaru 2022

5. Picture-in-Picture di Google Meet

Feature ini sebenarnya masih masuk ke perancangan Google untuk up-date layanan Google Workspace di masa mendatang. Tambahan feature Picture-In-Picture di layanan Google Meet sendiri diharapkan mampu menambahkan keleluasaan pengguna dalam bekerja di era digital, termasuk saat harus melakukan rapat online.

Aplikasi dari Google Workspace

Setiap apa yang dikeluarkan oleh Google pasti memiliki target dan sasaran khusus untuk membantu komunikasi dan pekerjaan online tanpa terkecuali Google Workspace ini. Adapun beberapa program yang dapat diandalkan dari Google Workspace ialah :

– Gmail

Gmail ialah layanan e-mail berbasiskan website, dikeluarkan dalam launching beta terbatas di tanggal 1 April 2004. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna customer aktif di penjuru dunia yang tercatat di bulan Februari 2016, Gmail sudah menjadi terkenal karena memberikan pengguna ruang penyimpanan dengan jumlah besar dan mempunyai percakapan jenis thread dan kemampuan pencarian yang kuat.

– Google Drive

Baca Customer Engagement Metrics Untuk Sukses Digital Marketing 2022Google Drive ialah layanan penyimpanan dan penyelarasan file, dikeluarkan pada 24 April 2012. Informasi resmi memvisualisasikan Drive sebagai lokasi yang bisa membuat, berbagi, berkolaborasi dan menyimpan semua pekerjaan. Dengan Google Drive, pengguna bisa mengupload semua jenis file ke cloud, membagikan dengan orang lain selain mengaksesnya dari computer, tablet, atau handphone mana saja. Selain pengguna bisa menyesuaikan file di antara perangkat mereka dan cloud dengan aplikasi untuk computer Microsoft Windows dan Apple macOS, dan handphone dan tablet berbasiskan Android dan iOS.

– Google Docs, Sheets and Slides

Google Docs, Google Sheets dan Google Slides masing-masing ialah pengolah kata, spreadsheet dan program presentasi. Ketiga program tersebut datang dari akuisisi perusahaan di tahun 2006 dan sekarang ini diintegrasikan ke Google Drive sebagai bagian dari serangkaian Google Document. Semua berperan sebagai perangkat lunak kolaboratif yang memungkinkannya pengguna melihat dan mengubah document, spreadsheet dan presentasi bersama secara waktu nyata lewat browser web atau perangkat seluler. Perubahan diletakkan secara automatis, dengan riwayat koreksi melacak perubahan. Juni 2014, Google mengenalkan support Office di Google Document, Spreadsheet dan Slide tanpa perlu konversi file. Sebagai bagian dari Google Workspace, Google Docs dan Slides datang dengan feature tambahan yang direncanakan untuk pemakaian usaha, termasuk riwayat untuk merevisi tak terbatas.

READ:  Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Jasa Sedot WC Surabaya

– Google Forms

Google Forms ialah program survey dalam format formulir menampilkan semua feature kerjasama dan berbagi yang terdapat di Document, Spreadsheet dan Slide. Disamping itu, Google Forms dapat digunakan untuk membuat kuis, termasuk fungsi-fungsi khusus yang digunakan dalam pengaturan pendidikan.

Penutup

Demikian artikel terkait workspace yang dapat membantu anda dalam menjalankan pekerjaan anda, semoga artikel ini bermanfaat!.